PENGALAMAN BELANJA DEVICE VAPE DI ALIEXPRESS

Sekedar berbagi pengalaman aja selama belanja device vaping di situs online shop AliExpress. Khusus buat yang sabar nunggu dan ndak buru-buru aja ini ya, karena proses pengiriman sampai ke alamat tujuan terhitung lama. Paling cepet 2 minggu paling lama bisa sampai 1 bulan lebih. 


Kemarin sore, tepat 16 hari orderan dari AliExpress akhirnya datang juga, sebenernya ini cuma iseng krn ini barang udah ada yg jual disini. Ya karena ndak buru2 juga mau pakainya mending pesen di bang Ali yg harganya relatif lebih murah. Awalnya sih agak ragu dgn byk informasi dari luar, ada beberapa kiriman dari luar negeri yg katanya banyak tertahan di bea cukai. Dulu pernah sih sebenernya waktu masih suka ngoprek PC, sering beli via AliExpress tapi titip temen krn dulu belum ada pembayaran via Alfamart dll hanya melayani pembayaran lewat kartu kredit atau Paypal. Dan barang pun juga selalu nyampe rumah meski ada juga paket yg baru datang 2 bulan kemudian, tp tetep sampe juga walau harus email/telp sana sini akibat mis kominukasi perihal nilai nominal barang.

Sekedar info barang yg saya order berupa RTA Galaxies, dimensinya seukuran kotak sabun dengan berat < 0.5kg dan nilai nominal barang < $30. Tanpa dikenakan biaya pengiriman alias free shipping dengan menggunakan kurir Singapore Post yg dikirim dari Shenzhen Cina. Karena nominal barang kurang dari $100 aturannya ndak dikenakan pajak/bea masuk. Kalau dulu barang bebas kena bea masuk asal jumlah total nilai barang (nilai pabean) di bawah $50, sekarang lewat peraturan terbaru dari Perdirjen mulai Maret 2017 batasnya dinaikkan mjd di bawah $100.


Proses pembelian lewat Aliexpress pun juga sangat mudah, hampir sama spt di Tokopedia atau Bukalapak. Sebenernya udah byk tutorialnya kalau mau googling sih, saya coba ringkes aja disini :
  1. Langkah awal kita mesti instal aplikasi AliExpress dulu, kmdn ubah pengaturan ke Indonesia agar lebih gampang utk mengetahui harga barang yg ada di etalase. Karena semua harga barang di AliExpress tercantum dalam bentuk dollar, dgn merubah pengaturan ke Indonesia semua harga otomatis berubah menjadi rupiah.
  2. Setelah itu baru bikin akun, langkahnya sama seperti online shop lokal. Isi data yang diminta lengkap dengan kode pos alamat rumah/kantor dan nomer telepon.
  3. Selanjutnya belanja barang yg diinginkan, garis besarnya sama spt di olshop sini,  kalo mau gratis ongkir dari sono, pilih yg free shipping ke Indonesia pake Singapore post/China Post dari seller yg punya reputasi bagus. Ada opsi pengiriman lain sebenernya, biasanya lewat DHL tp bisa2 ongkos kirimnya lebih mahal dari harga barang itu sendiri.
  4. Proses pembayaran di AliExpress banyak pilihan, ada 3 opsi bisa via kartu kredit, transfer bank dan pembayaran lainnya. Saya akan jelaskan opsi paling mudah yg semua orang bisa melakukan transaksi yaitu lewat Alfamart.
  5. Setelah barang yg mau dibeli sdh masuk keranjang, pencet 'Beli Sekarang'. Jangan lupa biasanya utk pembelian pertama ada bonus pembelian sebesar $4... diambil dulu lumayan kan buat ngurangi beban pembelian.
  6. Setelah pencet tombol ‘beli sekarang’, ada 3 pilihan pembayaran, pilih pembayaran lainnya. Kemudian pencet 'Kasir' nanti akan muncul Select Payment Method...  pilih opsi paling bawah 'Other Methods via full site'.
  7. Nanti akan diarahkan ke halaman baru, ada 3 pilihan pada Pembayaran dengan Kartu Kredit. Pilih 'DOKU'.... setelah itu pencet tombol 'bayar sekarang' kmdn masuk ke halaman payment method DOKU. Disitu tertera berapa nilai barang yg harus dibayar, invoice number dan ada 4 pilihan payment method, yaitu : Doku, Mandiri Clickpay, ATM Transfer dan Minimart.
  8. Karena disini saya menggunakan jasa Alfamart, klik opsi Minimart. Selain Alfamart, kita juga bisa bayar di Alfamindi, Lawson, Alfa express, Dan Dan
  9. Untuk pembayaran di gerai retail yg jd rekanan DOKU diatas, kita butuh kode pembayaran. Nah kode itu bisa didapat dengan memencet tombol GET PAYMENT CODE. Setelah klik Minimart, scroll ke bawah... letak tombol get payment code ada disitu. Nanti akan muncul kode pembayaran berupa angka sebanyak 16 digit, kode itu yg bakal kita tunjukkan ke kasir minimarket utk membayar sejumlah transaksi pembelian di AliExpress.

Setelah proses pembayaran selesai, akan ada notifikasi dari AliExpress via email. Jangan lupa hubungi sellernya, sekedar info orderan barang yg barusan dibeli. Kita tinggal nunggu seller proses pesanan kita sampai pengiriman barang ke alamat penerima. Proses pengiriman via Singapore Post kurang lebih 1-2 minggu baru sampai di Indonesia. Jika beruntung, paket kiriman langsung didaftarkan, dulu temen saya ada yg sampai 1 minggu baru bisa di tracked resinya.... tergantung nomer antrian soalnya. Tracking di situs AliExpress hanya mecantumkan tahap2 pengiriman dari lokasi toko fisik sampai di negara tujuan, Indonesia (Jakarta). Utk tracking lanjutan dari Jakarta ke alamat penerima, kita butuh aplikasi tracking utk mengetahui keberadaan paket kiriman setelah berada di Indonesia.

Setelah sampai di Indonesia, paket kiriman akan diperiksa di kantor pos/kantor bea cukai. Biasanya, paket kiriman di luar wilayah Jabodetabek akan langsung dikirim ke kantor pos/bea cukai tujuan terlebih dahulu. Beda jika kita pake jasa kurir DHL atau Fedex, semua barang akan tertahan di kantor bea cukai pusat Jakarta. Ini yg kadang butuh proses sampai berhari2, apalagi kalo paket kiriman ndak disertai invoice/nota pembelian, krn pihak bea cukai akan susah utk menentukan tarif.

Pada tahap ini, jika barang ndak dikenakan bea masuk paket kiriman akan langsung dikirim ke alamat penerima. Tapi kalo paket kena bea masuk... biasanya akan dikasih tau lewat surat panggilan/telpon, selanjutnya kita harus ke kantor yg ditunjuk utk membayar administrasi pajak barang masuk sekalian pengambilan barang. Jika dalam kurun 2 minggu barang ndak diambil, paket kiriman biasanya akan dikembalikan lagi ke pengirim.

Paket kiriman dari luar negeri lewat Singapore Post/China Post akan dikirim ke alamat tujuan melalui Kantor Pos. Pada saat menerima paket di rumah, kita mesti bayar bea pelalubean atau biaya bungkus ulang dan materai sebesar 20 ribu rupiah ke pak pos yg nganter paket kiriman kita sampe rumah..

Note :
  • Harga barang bergerak dinamis mengikuti perubahan nilai kurs rupiah thd dollar, harga bisa lebih tinggi atau rendah di hari yg sama tergantung fluktuasi mata uang rupiah ke dollar.
  • Mau tau kenapa barang2 dari Cina bisa gratis ongkos kirim? Salah satunya karena biaya logistik sdh langsung dimasukkan ke dalam harga barang. Biaya logistik ini berasal dari subsidi pemerintah Cina yg memang mendorong penjualan langsung keluar negeri produk2 mereka. Hasilnya, konsumen seakan ndak dikenakan beban biaya pengiriman.
  • Lama pengiriman paket sampe ke rumah 16 hari, ini diluar area jabodetabek ya.. Alamat tujuan akun AliExpress yg saya pakai masuk ke daerah pelosok di wilayah kabupaten Semarang, pinggir Salatiga Jawa Tengah. Mungkin utk wilayah Jabodetabek bisa lebih cepet lagi.. 😀😀

0 comments