Berserker Mini VS Siren V2


Saya akan coba bandingkan 2 RTA yg saat ini mungkin banyak dipakai untuk keperluan style vaping MTL, yaitu berserker mini dan siren V2, keduanya punya diameter 22mm. Sebenernya ndak begitu komparabel krn bentuk dan konstruksi beberapa bagian dari kedua RTA ini agak berbeda, ibarat 2 buah mobil sedan, yg satu 2 pintu satunya lagi 4 pintu. Tapi kalau diliat dari fungsi kedua RTA ini masih sama, dan range harganya ndak terpaut jauh, yg jelas masih ramah di kantong.

DECK DAN CHAMBER
Chamber Siren v2 lebih luas, bisa muat koil hingga diameter 3mm kawat ukuran 26awg. Dengan 3 buah lubang airflow deck di bawah koil yg bisa men-supply aliran udara lebih banyak. Sedangkan berserker chambernya lebih sempit, hanya bisa mengakomodasi koil maksimal diameter 2.5mm utk kawat ukuran 26awg. Bottom airflow deck di berserker mini hanya satu lubang lumayan kecil, shg aliran udara yg keluar/masuk dari luar terbatas.

JUICEFLOW
Juiceflow di siren v2 lebih longgar, bentuknya standar RTA pada umumnya, terlalu longgar utk ukuran RTA MTL. Berbeda dengan berserker mini, juiceflownya sempit hanya dua buah lubang kecil di sisi deck dengan ruang kecil utk menampung kapas.

AIRFLOW
Kedua RTA ini sama-sama punya 5 lubang airflow, bedanya lubang airflow di siren v2 bisa dibuka semua atau sebagian. Sedangkan Berserker mini hanya punya opsi pemakaian satu lubang dengan dilengkapi airflow kontrolnya.

Dari perbedaan bagian-bagian diatas, mengindikasikan adanya perlakuan yg berbeda dalam penggunaannya. Siren v2 punya keunggulan lebih mudah dalam pemasangan koil, sangat gampang sekali malah menurut saya, tinggal dijepit dengan baut flathead horisontal. Ketinggian posisi koil di siren v2 ndak begitu berpengaruh signifikan dgn flavour yg dihasilkan.

Ini sangat beda dengan berserker mini, pemasangan koil dijepit pakai baut vertikal, ukuran baut yg menurut saya terlalu besar ditambah bentuk deck yg sempit bener-bener membutuhkan kesabaran. Selain itu posisi ketinggian koil diatas airflow deck harus diperhatikan, terlalu tinggi hasilnya bisa beda, maksimal 1mm diatas airflow deck. Wicking cenderung lebih gampang di siren v2, pemasangan kapas terlalu tipis masih tetep tanpa leaking. Di berserker wicking mesti bener-bener pas, terlalu tipis dikit aja leakingnya ndak ketulungan.


Penggunaan liquid di kedua RTA ini juga agak berbeda, siren v2 masih mau diajak kompromi, lebih fleksibel ndak pilih kasih... walah opooo kui. Maksudnya, liquid yg umum beredar berapapun rasio pg/vg nya masih bisa optimal hasilnya (ndak tau yg max vg, blm pernah nyoba). Beda sama berserker mini, hanya liquid dgn rasio 50/50 yg mampu memberikan flavour maksimal. Tapi kalau mau nyoba pakai rasio lain silahkan, kalau hasilnya hambar jangan protes ke saya...

Berserker mini lebih fokus ke style MTL, bagi pengguna closed system.... atty ini lebih cocok dijadikan alternatif pengganti. Sedang siren v2 masih bisa dipake utk keperluan DL dgn tarikan restricted. Penggunaan MTL di siren v2 kurang optimal (opini pribadi), sebagai perbandingan pemakaian MTL di siren v2 pada satu lubang airflow yg paling kecil setara dgn satu lubang airflow ukuran 1.4mm (nomer 4 dari yg paling lebar) di berserker mini. Itupun beda tarikan, di berserker mini lebih halus dan uapnya bisa ngumpul bulat-bulat, sensasi seperti merokok begitu presisi di berserker. Siren v2 tarikannya agak sedikit kasar, kadang ada bunyi 'aneh' jika wickingnya kurang padat dan uap yg dihasilkan juga lebih sedikit... lagi2 opini pribadi.

Flavour yg dihasilkan pada pemakaian MTL, berserker mini masih diatas siren v2. Ini saya juga masih bingung karena parameternya beda, set up koil dan device pada hasil yg maksimal di kedua atty ini udah pasti beda. Untuk gampangnya gini aja, pada setingan yg maksimal di kedua atty ini dengan menggunakan liquid yg sama, performa flavour di berserker mini lebih memuaskan. Untuk penggunaan restricted, krn di berserker mini kurang mendukung, siren 2 unggul di beberapa TPS .. #eh

Dan yg terakhir, untuk building control dari kedua atty ini. Siren v2 bisa dibilang sempurna, karena minim bugs atau celah produksi. Anti leaking dan refill liquid sangat mudah spt umumnya RTA reguler. Berserker mini masih ada beberapa bagian yg butuh direvisi. Leaking jd masalah utama pengguna berserker, meskipun wicking udah bener, kadang masih keluar rembesan liquid dari lubang airflow. Entah apa penyebabnya, awalnya saya pikir o ring bawah bermasalah, tp begitu diganti yg baru tetep aja leaking. Pengisian liquid dari atas dgn membuka top cap rentan leaking, solusi masalah ini hanya dengan cara bottomfill atau pengisian liquid dari bawah dengan cara melepas bagian atas tank dgn deck, isi liquid di sela-sela barrel dan glass tank, kmdn pasang lagi pada posisi terbalik, jamin udah ndak leaking lagi. Selain itu, top cap berserker mini yg agak susah dibuka.

Uraian diatas bisa jadi pertimbangan buat yg mau mencoba atty MTL selain closed pod system. Karakter keduanya memang agak sedikit berbeda, paling ndak ada semacam gambaran dalam menilai sebelum memutuskan untuk membeli. Sekali lagi ini hanya opini pribadi ya..

Setingan berserker mini bisa dibaca Berserker mini, masih yang terbaik di kelasnya

0 comments