RTA Berserker Mini, Masih yang Terbaik di Kelasnya


Saya akan coba bahas rta mtl yg sempat hype beberapa waktu lalu, yaitu rta berserker. Karena disini yg saya pake versi 22mm, semua uraian di bawah hanya berdasarkan pengalaman saya selama memakai berserker mini. Kalau mau diaplikasikan ke berserker versi 24mm atau rta mtl lainnya, silahkan saja tapi tidak ada jaminan output yg diperolen akan sama. Penjelasannya akan sedikit panjang, silahkan luangkan waktu sejenak dan tetesin liquidnya dulu ... saya tunggu. Ok.... jika sudah dilanjut.

Banyak user berserker disini yg masih belum menemukan titik pemakaian yang optimal. Sama seperti awal saya pakai juga begitu, sudah berapa varian kawat dan liquid yg dicoba tp hasilnya belum juga sesuai dengan yg kita inginkan, wajar kok... anggap aja itu harga dari sebuah riset dan eksperimen. Hal itu bisa disebabkan karena kita kurang memahami beberapa karakter yg ada di rta ini. Karakter yg dimaksud disini adalah bagian2 yg ada di berserker spt ukuran deck dan chamber, tipe airflow, juiceflow, bentuk chimney atau corong, dll. Nanti kita akan bahas satu per satu.

Rta berserker adalah atomizer yg dibuat khusus untuk vapers mtl, saya anggap disini sudah mengerti ya.. jd tidak perlu saya jelaskan lagi definisi mtl. Tiap bagian rta ini mempunyai karekteristik khusus, semacam "rambu-rambu" yg tidak tertulis, ada batas tertentu yg jika dilanggar mesin ini tidak bekerja mengeluarkan kemampuan maksimal, jadi harus dipahami betul. Sama halnya mesin lain, misal sebuah mainboard dalam komputer, kita mesti pasang device pendukung sesuai spesifikasi yg diminta agar kerja komputer maksimal. Tiap atomizer jg punya karakter tersendiri sebenernya, cuma berserker ini agak ribet dan cukup menyita waktu.. salah sedikit.. hasilnya zonk hanya buang buang kawat dan liquid.

CHAMBER DAN DECK
Ukuran deck atau chamber berserker sangat kecil, tipikal atomizer mtl dgn 2 post yg mirip dengan produk2 Kayfun svoemesto. Ukuran diameter deck sekitar 9.5mm yg hanya bisa mengakomodasi koil dgn ukuran mini. Jarak antar post yg sempit, membatasi diameter koil yg kita pasang. Kawat 24awg dengan diameter 2.5mm terlihat oversized dan kurang cocok untuk deck berserker. Disini ada batasan ya.. berapa ukuran kawat dan diameter yg harus dipakai, sebaiknya gunakan kawat dengan ukuran minimal 26awg dengan diameter maksimal 2.5mm. Disamping kawat ukuran 26awg keatas untuk fit dan proper deck, juga mengejar nilai ohm yg tinggi. Karena mtl butuh resistensi yg tinggi untuk bermain di watt yang rendah. Semakin kecil ukuran kawat yg kita gunakan semakin tinggi juga nilai resistensi sebuah koil, dgn asumsi jenis dan merk kawat serta jumlah lilitan sama. Sampe disini sudah jelas ya.. kenapa harus begini dan begitu. Semoga udah.. kalo belum... lanjut bacanya.

AIRFLOW
Di berserker ada 5 lubang pengaturan airflow dengan diameter 0.8, 1.0, 1.2, 1.4 dan 1.6mm. Disini kita hanya diberikan opsi satu lubang airflow, dgn penutup airflow berbentuk meruncing seperti pada rda apocalypse. Kita bisa persempit/perlebar pilihan lubang airflow yg kita pakai dgn cara diputar. Batasan satu lubang airflow mempersempit aliran udara yg ada di dalam, memaksa pengguna harus melakukan tarikan atau hisapan ringan pd saluran udara yg sempit (tight draw) seperti orang merokok.

Dari bentuk dan karakteristik airflow, rta berserker ini jelas hanya digunakan untuk style mtl. Beda dengan rta ares atau siren v2 yg bisa dipakai untuk restricted lung hit karena deretan lubang airflow yg bisa dibuka semua atau sebagian. Jadi perlu diingat pemakaian berserker selain untuk mtl tidak direkomendasikan.

JUICEFLOW
Juiceflow adalah 2 lubang yg terdapat pada deck fungsinya sebagai pintu masuk liquid ke kapas. Juiceflow di berserker ini unik, hanya dua buah lubang kecil yg posisinya vertikal, bottom up juiceflow dgn diameter yg sangat kecil. Karakter dari juiceflow di berserker ada kaitannya dengan pilihan liquid dan pemasangan kapas. Liquid dengan komposisi pg:vg 50:50 sangat direkomendasikan karena sifatnya yg lebih encer dibanding dengan liquid dengan porsi PG lebih sedikit. Kenapa mesti encer? Ukuran lubang juiceflow yg kecil di berserker membuat pintu masuk liquid ke kapas terbatas. Pemakaian liquid yg encer akan memudahkan daya serap ke kapas, bisa meminimalisir dry hit karena seluruh permukaan kapas terbasahi oleh supply liquid dalam tank.  Mengurangi tarikan yg berat, ukuran airflow dan juiceflow di berserker itu sempit, penggunaan liquid dgn PG rendah akan memperberat tarikan uap ke mulut (puff), jadi semakin encer liquid semakin ringan daya hisap yg dibutuhkan.

Karena karakter lubang juiceflow yg sempit ini, dibutuhkan kapas yg punya daya serap tinggi dan pemasangan yg tepat. Pemasangan kapas seperti pada umumnya, hanya jangan terlalu panjang karena akan menutup semua ruangan diatas juice flow bisa berakibat leaking. Disisir pinggir kemudian potong ke empat sisi kapas yg menjorok ke samping.

CHIMNEY DAN DRIPTIP
Chimney adalah corong atau cerobong yg menghubungkan deck cap dengan driptip sengaja didesign sesempit mungkin, fungsinya agar semakin sedikit ruang udara yg ada di dalam. Ini semakin menegaskan rta berserker khusus dibuat untuk keperluan mtl. Driptip berserker mempunyai lubang yg sangat kecil dan ukuran yg agak sedikit panjang berbentuk seperti kubah, sangat menunjang untuk mtl.

Bagian lain, seperti konektor pin 510, tank dll hampir sama dengan rta pada umumnya, tanpa karakteristik khusus, tidak perlu penjelasan detail karena fungsi dan bentuk yg tidak jauh beda dengan rta kebanyakan.

COILING DAN WICKING
Setelah mengenal dan memahami karakteristik rta berserker mini. Tahap selanjutnya yaitu coiling, ini tahapan yg paling penting karena sangat menentukan hasil akhir. Disini saya batasi pembahasan building dgn rounded wire saja, karena masih sangat jarang produsen koil prebuilt utk keperluan MTL.

Pertama adalah pemilihan kawat untuk koil. Seringkali reviewer hanya menyebutkan jenis dan ukuran kawat yang digunakan, jarang ada penjelasan merk kawat apa yang dipakai utk membentuk koil. Ini yang kadang bikin bias... ketika kita menerapkan semua tutorial yg dijelaskan panjang kali lebar oleh si reviewer, hasilnya jauh panggang dari api. Jarang bukan berarti tidak ada sama sekali, kalaupun ada ya.. mungkin sedikit berbau endorsement.

Merk kawat sangat berpengaruh disini, berlaku universal untuk build koil semua jenis atomizer. Kawat dengan jenis dan ukuran yg sama belum tentu akan memberikan hasil yg sama jika keduanya beda merk. Setiap produsen kawat punya standar masing-masing, bisa karena faktor demand pasar yg tinggi bisa juga karena preferensi dari produsennya sendiri. Yang pasti campuran bahan utk kawatnya juga pasti beda meskipun bahan dasarnya sama.

Kedua, setelah memilih kawat selanjutnya membentuk kawat itu menjadi sebuah koil. Garis besarnya sudah saya jelaskan pada sub bab chamber dan deck diatas. Silahkan baca lagi, siapa tau lupa. Jika kita sudah memahami karakter deck dari berserker ini, gambaran koil sudah ada di depan mata tinggal realisasi. Penjelasan Wicking atau memasang kapas di coil juga sudah ada diatas, pointnya gunakan kapas yg punya daya serap tinggi terserah mau pakai merk apa, kenapa mesti kapas dgn daya serap tinggi? Baca lagi diatas, mungkin bagian itu kelewatan.




PENGGUNAAN DAN HASIL
Berikut adalah beberapa setingan yg pernah saya aplikasikan di rta berserker mini, seingatnya aja ya.. lengkap dengan flavour yg dihasilkan dengan range 1 sampai 10, untuk hasil vapor atau uap tidak ada evaluasi.. ingat ini MTL. Pemasangan koil selalu sama, standar umumnya aja dengan kaki koil di bawah, posisi koil tepat di tengah antara 2 post, diatas bottom airflow dgn jarak sekitar 1mm.

Karena disini saya menggunakan power mode, nilai voltase mengikuti besaran watt yg dipakai. Untuk liquid saya masih setia dengan manhattan series dengan nikotin 10mg, 12mg dan Cerealis nic 9mg di awal setingan (udah habis tinggal botolnya sekarang). Mod yg digunakan Pico 75watt, sbody elfin 60watt, vaporflask stout dan lupa lainnya. Meski beda mod, perbedaan flavour yg dihasilkan tidak terlalu signifikan, lebih sering pake sbody elfin karena lebih nyaman dan akurasi pengukuran nilai ohm yg stabil. Set lubang airflow di 1.0mm (Lubang kedua) dan 1.2mm (Lubang ketiga).

1.  Kanthal A1 26awg Vaportech
6 lilit renggang dengan diameter 2.5mm, resistensi 0,9xohm, pemakaian 19watt. Flavour 7.5/10

2.  Ni80 26awg Geekvapes
6 lilit renggang dengan diameter 2.5mm, resistensi 0,6xohm, pemakaian 20watt. Flavour 7.2/10

3.  Ni80 28awg Sandvik
7 lilit rapet dengan diameter 2.5mm, resistensi 0,7xohm, pemakaian 20watt. Flavour 7.8/10

4.  Kanthal A1 26awg Geekvapes
7 lilit rapet dengan diameter 2.5mm, resistensi 1.0xohm, pemakaian 16watt. Flavour 7.9/10

5.  Kanthal A1 26awg Vapowire
7 lilit rapet dengan diameter 2.5mm, resistensi 1.1xohm, pemakaian 16watt. Flavour 8.3/10

6.  Kanthal A1 27awg Promist vapor
7 lilit rapet dengan diameter 2.5mm, resistensi 1.2xohm, pemakaian 14watt. Flavour 8.6/10

7.  Phoenix wire 28awg
6 lilit renggang dgn diameter 2.4mm (gulung pake obeng kaca mata), resistensi 1.20 ohm, pemakaian 15watt.
Flavour 8.0/10

Pro :
  1. Build quality tergolong bagus dibanding RTA MTL made in China lainnya.
  2. Barrel deck yg agak tebel, ndak gampang panas... liquid dalam tank lebih tahan lama.
  3. Tarikannya sangat2 smooth tanpa isu whistling. Belum pernah nemu tarikan sehalus ini di RTA lain... 

Cons :
1.  Leaking jd masalah utama pengguna berserker, meskipun wicking udah bener, kadang masih keluar rembesan liquid dari lubang airflow. Pengisian liquid dari atas dgn membuka top cap rentan leaking. Ini disebabkan o ring top cap yg terlalu tebal, jd ketika menutupnya udara akan menekan liquid ke bawah sampai ke lubang airhole.
Solusinya

  • Ganti o ring top cap dengan o ring atty lain yg lebih kecil. Tapi ndak ada jaminan, kalo o ring penggantinya pas.... leaking bisa sembuh. 
  • Refill liquid tetap lewat top cap tp waktu nutup top cap posisi atty terbalik, ini cara yg dipakai Rip Trippers.. tapi saya ndak jamin masalah leaking teratasi. 
  • Solusi paling manjur yg saya pakai dgn cara bottomfill atau pengisian liquid dari bawah dengan cara melepas bagian atas tank dgn deck, isi liquid di sela2 barrel dan glass tank, kmdn pasang lagi pada posisi terbalik, jamin udah ndak leaking lagi. 

2.  Ukuran baut post yg menurut saya terlalu gede, kadang kaki koil agak susah dijepit kalo ukuran kawatnya kegedean. Disini ndak ada solusinya, hanya dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan waktu coiling.

Silahkan ambil kesimpulan dari data diatas, disini tidak menutup kemungkinan masih ada set up dengan hasil lebih maksimal dari beberapa eksperimen saya diatas. Saya sadar sepenuhnya bahwa vapor itu masuk ke ranah personal, tiap kepala punya impresi masing-masing. Sekedar berbagi dan berharap ada kesamaan selera disini sehingga ada manfaatnya. Kalau tidak bermanfaat, anggap aja ada biar seneng penulisnya... hehehe

Sekian dan terima kasih sudah mau meluangkan waktu, jika ada yg salah mohon dikoreksi.

0 comments