Aequitas Zeta RTA MTL By Asvape


INTRODUCING
Aequitas Zeta RTA MTL namanya, RTA keluaran terbaru dari Asvape ini khusus dibuat untuk keperluan MTL. Ukuran diameter 22mm dengan tinggi 41.8mm terlihat mungil jika dibanding atty MTL umumnya. Design atomizer ini unik terinpirasi dari arsitektur Baroque pd jaman romawi abad 17, ornamen yg ada di top cap dan airflow kontrol serta bentuk kubah barrel deck dilengkapi 7 lubang ventilasi mirip bangunan arsitek Eropa kuno jaman dulu. Logo Aequitas Asvape tergambar jelas lewat grafir di body tank yg menyatu dgn PEI ultem ukuran 1cm.

PACKAGING
Kemasan RTA ini mungkin bisa jadi daya tarik tersendiri, ndak seperti produk RTA umumnya dusbuk Zeta dibuat dari bahan plastik tebal warna hitam. Terlihat kokoh dengan logo timbul Asvape warna keemasan, terlampir juga deskripsi manufactured dan kode autentifikasi di bagian bawah. Model buka tutup dus ini simpel banget... tinggal digeser ke samping seperti pada kemasan Mod Loch Ness by Envii.

Selain satu set RTA Zeta dan manual user, di dalam paket dilengkapi beberapa part cadangan lengkap dengan 2 koil bawaan yg dibungkus rapi dalam kotak kardus kecil warna hitam. Minusnya tanpa glass tank dan driptip cadangan, mungkin akan lebih baik jika ditambah dgn 2 opsi driptip bahan ss dan delrin. Yang bikin bingung 2 koil bawaan ini seperti bekas di dry burn, warnanya agak sedikit gosong bekas kebakar. Karena penasaran langsung cek di Youtube, liat review dan ternyata bukan cuma saya yg dapet koil gosong. 2 buah koil bawaan RTA ini semuanya kondisinya begitu, entah apa maksudnya. Mungkin sebelum masuk pasar, device ditest dulu layaknya tahap formalitas quality control suatu produk. Tapi kenapa 2 koil gosong semua, mestinya kan cukup satu atau mungkin 2 koil ini beda jenis.... entahlah eta terangkanlah...

BUILD QUALITY
RTA Aequitas Zeta dibuat dari material 304 stainless steel, termasuk food grade menurut situs Asvape agak tebal terlihat kuat dan kokoh. Yang menarik sebenernya konstruksi RTA ini, agak beda dibanding RTA MTL umumnya. Terdapat 6 bagian yg masing2 bisa dilepas manual :

1.  Base build deck
Ukuran deck sangat kecil, seukuran berserker mini mungkin ini lebih kecil lagi. Tanpa post/postless terlihat seperti tanah datar tanpa ada gundukan apapun dengan dua buah lubang tempat koil ditanam dan 2 lubang juiceflow  (kapas tembus ke bottom deck) mirip rechangeable deck RDTA Limitless Classic. Satu lubang AFC sedikit menonjol di tengah deck dengan diameter sekitar 2mm. Yg unik RTA ini dilengkapi sistem pendingin deck berupa seal dari bahan keramik warna putih yg bisa dilepas. Dua baut minus kecil terdapat di bagian bawah deck, posisinya agak menjorok ke dalam, fungsinya sebagai pengencang koil yg ditanam di deck.


Sistem airflow luar di deck kurang menarik, sama seperti RTA reguler... bukan deretan lubang airhole spt umumnya RTA MTL, tp satu lubang melebar dengan sistem kontrol ring diputer seperti pada RTA Serpent Mini. Kelebihannya airhole ringnya enteng buat diputer dan seperti ada batas (bunyi klik) tiap kali diputer.

2.  Barrel Deck
Bagian ini paling menarik, bisa jadi termasuk inovasi baru teknologi vape khususnya RTA. Kurang paham harus dipresisikan dengan RTA apa, berbentuk kubah, bagian bawah nyambung ke tank dengan 7 lubang ventilasi liquid. Supply liquid dari tank bukan langsung menuju bottom deck spt umumnya RTA lain, tapi lewat 7 lubang ventilasi yg masing2 berdiameter 1mm.

Bagian dalam barrel, dilengkapi juga seal keramik warna putih berbentuk kubah, fungsinya sebagai pendingin barrel utk menjaga kualitas liquid yg ada di dalam tank tetap terjaga taste dan flavournya, meski pemakaian beberapa hari. Minusnya, nyopot barrel deck ini agak susah mesti pake coin yg seukuran barrel kmdn diputer berlawanan arah jarum jam, seperti yg ada di buku pentunjuk.

3.  Glass/PEI ultem
Tingginya sekitar 1cm, bagian ini bisa dilepas dari cap diatasnya yg berbahan ss. Materialnya terbuat dari ultem, tanpa part cadangan, jd kalo hilang atau pecah mesti beli satu set RTA Zeta lagi.

4.  Cap
Berbahan ss yg merupakan satu kesatuan tank dari RTA Zeta, cap dan PEI ultem. Kapasitas liquid yg bisa ditampung 2.5ml, mirip seperti tank PEI ultemnya kayfun prime. Dilengkapi dua lubang refill liquid yg agak longgar, seukuran ujung pipet liquid botol kaca diameternya.

5.  Top Cap
Seperti umumnya top cap atty lain, yg bikin beda hanya di bagian bawah top cap terdapat seal karet anti liquid yg agak lebar menutup seluruh bagian bawah top cap kecuali lubang chimney. Fungsinya mungkin menahan luquid naik sampe ke driptip, perlu diketahui tipikal RTA pendek rentan kondensasi parah sampe ke mulut. Liquid yg ngendon di top cap jika jarang dibersihkan bisa kehisap, dgn seal karet ini kondensasi liquid balik lagi ke bawah (tetep kering sealnya sejak pemakaian kemarin).

6.  Driptip
Ukurannya sebesar batang rokok dengan ujung hisap yg simetris, berbahan ss dengan tinggi sekitar 2cm. Bagian ini ndak ada yg menarik, kecuali lubang driptip yg begitu sempit cocok buat yg seneng tight draw.

FIRST IMPRESSION
Dengan melihat karakter deck atty ini, sempat mikir awalnya sebelum coiling krn dua coil hole yg posisinya ada di sebelah kanan kiri juiceflow. Awal build pakai KA1 Vapowire 26awg 7lilit rapet dim 2.5mm dengan lilitan clockwise. Coba dipasang jadinya malah berlawanan arah dengan juiceflow... hehehe goblok banget sih kata temen di sebelah. Bikin lagi, dgn coil yg sama sekarang pake lilitan counter clockwise... nah ini baru bener.


Koil model tanem begini emang bikin kesel, motong kaki koil mending kepanjangan timbang terlalu pendek. Baut koil yg ada di bawah deck yg agak menjorok ke dalam juga bikin ribet, jadi mesti pake obeng kecil yg bener2 pas krn posisinya diantara deck dan bottom deck. Melalui perjuangan yg panjang dan melelahkan akhirnya koil terpasang juga, tinggi koil dari AFC deck sekitar 1mm. Oya.. sebelum koil ditanem, pastikan seal keramik deck sudah terpasang.

Dry burn sebentar sambil koil dirapetin, resistensi dapet 0.85ohm di mod Ehpro 101 trus tetesi liquid Manhattan French 12mg. Pasang semua partnya kmdn isi liquid sampai penuh dari top cap. Sengaja saya isi penuh buat ngukur ketahanan flavour dan taste liquid sampai esoknya.

Pertama saya buka airhole separuh, pemakaian 17watt tarikannya berisik ndak bisa buat long puff, tp masih bisa dinikmati meskipun terlalu airy. Karena saya tipikal tight draw, saya puter lagi ringnya ke airhole paling kecil, nah disini saya menemukan hasil yg maksimal. Disamping tarikannya agak halus, semua profile flavour keluar dengan jelas, meski cake vanilla lebih dominan, hints rhum yg biasanya tipis di RTA lain... di Zeta nampak jelas dan stabil meski sdh berkali2 puff... saya pernah nyoba RTA Doggystyle authen punya temen, kira2 seperti itu karakter flavour Zeta dengan likuid yg sama.

Di hari kedua, dengan liquid masih tersisa 3/4 dalam tank saya coba pakai lagi buat ngukur ketahanan liquid akibat pemanasan barrel. Disini RTA ini menunjukkan kelebihannya, flavornya masih sama seperti awal coiling kemarin. Keberadaan seal keramik yg ada di dasar deck dan barrel, berfungsi optimal sebagai sistem pendingin. Di samping taste dan flavour yg dihasilkan masih sama, jg menjaga atty tetap dingin meski sudah berkali2 puff. Salah satu kelebihan Zeta yg ndak dimiliki RTA MTL lainnya... thumbs up buat designernya.

Disini saya ndak akan menulis pro dan cons RTA ini karena terkesan subyektif, silahkan ambil kesimpulan sendiri dari uraian saya diatas. Mungkin bagian yg kurang saya suka di RTA ini hanya driptip, dasarnya saya kurang suka driptip bahan ss dan bentuknyapun juga kurang menarik. Penggunaan driptip di Zeta ini saya ganti dengan driptip delrin hastur mini, keliatan tambah matching malah kalo pake driptip hitam... dan pastinya RTA ini belum ada yg jual disini, termasuk salah satu produk baru dari Asvape yg launching akhir Juni 2018

KESIMPULAN
Packaging : 9/10
Build quality : 9.3/10
Flavour : 8.7/10
Coiling : 8/10
Wicking : 9/10
Leaking : No
Condensation : No
Whistling : No

Overall : 9/10

Sangat layak dicoba buat pengguna MTL, sementara Berserker Mini istirahat dulu. Bukan berarti Zeta lebih enak dari Berserker tapi lebih masuk akal buat pemakaian MTL, tanpa ada isu leaking, kondensasi, whistling dll. Kalo urusan smooth, berserker mini masih di urutan teratas, tak tergantikan.

Sekian.. dan terima kasih sudah baca sampai tuntas

Note :
1.  Photo deck dan keramik thermal base ambil dari google, males saya nyopot lagi kalo cuma buat diphoto.... hehehe
2.  Photo RTA dokumen pribadi
3.  Belum dicoba buat main restricted lung hit, kurang tau juga liquid rasio selain 50:50 bisa enak apa endak.

0 comments