Manhattan Bluewy, Sensasi Pudding Bubblegum yang Lembut, Seger Lumer di Mulut


Ini bisa jadi liquid pertama yg saya beli dengan pita cukai resmi dari pemerintah. Sedikit pembahasan mengenai cukai, pada dasarnya cukai mrpk salah satu instrumen pemerintah utk membatasi konsumsi suatu produk tertentu di suatu negara. Sifat dan karakteristik produk kena cukai biasanya berdampak merugikan bila dikonsumsi masyarakat secara umum, shg peredarannya perlu dibatasi. Ada 3 jenis barang kena cukai yg diatur oleh pemerintah, yaitu etanol, minuman beralkohol, dan hasil tembakau.

Melihat fakta bahwa laju perkembangan bisnis vape sangat pesat, sbg jalan tengah pemerintah menetapkan kebijakan cukai liquid vape yg mengandung tembakau sebesar 57%. Penetapan besaran cukai ini sudah melalui kajian yg komprehensif, jika dibanding negara lain, misal Rusia dgn cukai sebesar 81,17% atau Portugal sebesar 62,92% tarif cukai di Indonesia relatif lebih rendah. Ini mengindikasikan langkah nyata pemerintah bahwa bisnis vape harus tetap berjalan, tp perlu regulasi yg lebih ketat agar resiko penyalahgunaan rokok elektrik dapat diminimalisir.

Melalui regulasi ini pemerintah berharap mampu menjadi jembatan yg baik antara kontinuitas bisnis liquid vape, kesehatan masyarakat, dan sumber penerimaan negara baru. Sudah sepantasnya kita sbg pengguna patut mengapresiasi dan mendukung implementasi kebijakan ini untuk mewujudkan vapescene Indonesia yg lebih baik

Kembali ke topik awal, liquid bercukai yg saya beli ini mrpk varian terbaru dari Manhattan Liquid. Sebagai salah satu produsen liquid lokal yg sudah terpercaya, Manhattan menyambut baik regulasi dari pemerintah dgn menambahkan label cukai dalam kemasan liquid barunya. Seperti yg pernah dibahas sebelumhya, nilai yg tercantum pd label sebesar Rp. 40.000 bukan mrpk harga liquid, tapi besaran tarif cukai yg dibebankan ke produsen.

KEMASAN
Liquid baru dari Manhattan Liquid ini namanya Bluewy, kurang paham artinya apa mungkin disesuaikan dgn warna label stikernya yg biru metalik dengan ornamen abstrak dihiasi bingkai warna hitam. Liquid ini dikemas dalam botol kaca bening 60ml, meskipun sudah bercukai Manhattan justru memperbaiki kualitas produknya dgn kemasan yg lebih menjamin flavour dan tastenya.

Di bagian tengah stiker label terdapat brand Manhattan berbentuk siluet kota Manhattan berwarna merah. Warna yg mengindikasikan salah satu varian red series dari Manhattan Liquid, spt tulisan yg tertera di bawahnya Red Series Blend Edition. Nama Bluewy nampak dominan pada label sticker, bubblegum milk pudding sbg deskripsi rasa dari liquid ini juga ada di bawah tulisan Bluewy.

Seperti standar umumnya liquid, di Bluewy tercantum juga keterangan komposisi pg/vg liquid ini sebesar 50/50. Product warning, ingredients, dan besaran kandungan nikotin, kali ini lebih lengkap dan mudah dibaca keseluruhan tulisan yg ada di stiker liquid ini. Sebuah design label yg menarik juga bernuansa futuristik dgn warna metalik yg memberikan daya tarik tersendiri bagi konsumen. Manhattan Bluewy tersedia dalam beberapa varian besaran nikotin freebase, dari kadar yang paling rendah 3mg sampai yg tertinggi 24mg. Kebetulan saya dapat Bluewy 3mg dan 12mg, sesuai peruntukan yg 3mg dipake buat style DL dan 12mg untuk MTL.

FIRST IMPRESSION
Pertama kali tutup botol dibuka, bau fragrance permen karet yg pertama keluar aromanya spt Lot*e bubblegum blueberry, ini sesuai deskripsi pada label. Tapi bukan permen karet murni, seperti ada sentuhan milky layaknya puding, jd teringat produk silky pudding rasa permen karet dengan balutan susu segar yg dulu biasa saya beli dalam bentuk kemasan mangkok plastik kecil. Itu hanya asumsi awal, krn memang aromanya sangat presisi dan kebayang rasanya bakal seperti apa.

Sebenernya apa sih puding itu? Puding umumnya dijadikan sbg hidangan penutup (desert) dan biasanya ditambahkan perasa spt coklat, karamel, vanila, atau buah2an. Terbuat dari agar2 yg dicampur susu, tepung maizena, atau telur kocok, dgn berbagai variasi rasa, bentuk dan tekstur, dimana sebelumnya puding dibekukan dulu dalam cetakan berbagai ukuran.

1 puff
Sesuai ekspektasi, flavor khas puding bubblegum tebel banget blended dgn susu cream diawal puff dengan rasa manis yg masih standar. Ada dingin dari mint juga meskipun tipis banget, sebuah inovasi flavour baru yg unik kombinasi antara creamy dengan sensasi low mint yg menggelitik, beda dengan sensasi dingin dari liquid es cream yg cenderung high mint.

5 puff
Disini saya membayangkan lagi berada di sebuah resto menikmati sajian puding sutera rasa permen karet yg baru keluar dari lemari pendingin dgn ditaburi cream susu diatasnya. Saat inhale terasa tekstur puddingnya yg lembut banget dipadu dgn flavor bubblegum dan creamy serasa lumer di mulut, kombinasi seimbang yg memberikan sensasi rasa baru di lidah. Dinginnya mint dalam skala kecil menambah lapisan rasa dan kesegaran kedua flavor dari liquid ini… nyess. Tingkat kemanisan pas banget ndak bikin eneg. Bluewy sepertinya menjadikan note permen karet sbg body profile, terasa sangat dominan bahkan bagi orang lain yg mencium uap liquid ini bisa merasakan aroma permen karet yg sangat kuat.

10 puff
Bluewy bener2 memberikan sensasi makan puding seger dengan minim rasa manis. Rasa bubblegum masih sangat dominan, hanya susu cream sbg campuran rasa pudding sedikit menipis pada hisapan kesepuluh. Rasa mint pun mulai pudar pada titik ini, Bluewy spt memberi petunjuk inilah pudding creamy rasa permen karet yg sebenarnya, note bubblegum yang lumayan tebal ditambah toping dari frosting susu berkolaborasi dgn baik, tanpa adanya overlap pada tiap2 note, baik top, middle ataupun bottom note. Sesekali muncul hint blueberry di saat kapas mulai mengering, sifatnya lemah antara ada dan tiada. Flavour bubblegum cream masih membekas di mulut menjadi after taste dari liquid ini

Style DL
Dengan Manhattan Bluewy nic 3mg pada style DL lebih terasa manis, tapi ndak over sweet hanya manis biasa spt susu tanpa gula. Flavor bubblegum tetap dominan, kombinasi puding susu dan mint kurang bisa dideteksi dengan jelas cenderung blended mungkin karena penggunaan power yg agak besar shg uap yg dihasilkan agak panas. Menurut saya pribadi bubblegum creamnya masih sangat stabil, hanya creamy susu dan hint dingin dari mint lebih akur agak susah dipisah.  Untuk TH nya sendiri sudah bisa ditebak karena ini nic 3mg, buat saya kurang nendang di tenggorokan….. tp masih lebih terasa dibanding ukuran standar nic 3mg liquid umumnya.

Style MTL
Saya lebih suka liquid ini untuk pemakaian MTL, karena manisnya terkesan alami, seperti buah manis yg memang manis dari proses alamiah. Bluewy dgn kadar nikotin 12mg, note bubblegum jd terasa lebih tebal dan separasi antar note flavour lebih jelas. Paduan rasa puding susu dengan dinginnya mint bisa dirasakan dgn nyata. Sensasi unik perpaduan kelembutan puding, susu cream, dan rasa dingin yang segar saat uap terkumpul di mulut, membuat Bluewy mampu memberikan respon positif di dalam otak. Sebagai catatan, saya menemukan beberapa note tambahan saat exhale pada versi 12mg ini, karakternya kurang dominan dan sangat mudah terlewati, kemungkinan rasa blueberry kadang spt strawberry asam, entahlah saya kurang fokus buat mengenali lbh jauh. Throat hit lumayan nendang untuk versi 12mg lebih galak dibanding varian lain seperti French dan Jersey.


Coil Gunking
Selama pemakaian 3 hari Bluewy nic 3mg, tipikal Manhattan Liquid yg less sweetener koil masih bersih belum ada noda tebal dari hasil pemanasan liquid. Tanda kecoklatan ada di beberapa bagian, tp masih terlihat jelas bentuk koil secara utuh. Pemakaian nic 12mg baru sehari belum bisa dijadikan tolak ukur tingkat keramahan sebuah liquid thd koil.

KESIMPULAN
Low Profile Flavour : Milk Cream
Flavour Body : Bubblegum
Packaging : 8/10

Inhale : Pudding bubblegum note
Exhale : Bubblegum milk with mint hint
Throat Hit : Soft
Nilai keseluruhan : 8.5/10

Device DL
Hadaly, Ni80 Anarchist 24ga 5 lilit renggang 0.42 ohm
Mod Asmodus minikin v2 Bluewy nic 3mg di 35 watt, 3.7 volt

Device MTL
Berserker mini, TM KA1 27ga 7 lilit rapet 1.04 ohm
Mod rDNA 40, Bluewy nic 12mg di 13watt, 4.0 volt

Semua serial Manhattan Liquid sudah pernah saya coba, untuk liquid ini saya berani memberikan skor yg cukup tinggi karena keunikan rasanya, antara harga dan rasa berbanding lurus masih masuk akal. Baik untuk pemakaian DL maupun MTL liquid ini sangat layak untuk dinikmati, meskipun ada beberapa karakter dari liquid ini yg nampak menonjol utk style tertentu, tp tidak mengurangi ketebalan rasa puding bubblegum yg memang sengaja dijadikan bintang utama dalam Bluewy. Note bubblegum memang sangat superior, dominasinya kadang menutupi kompleksitas flavour dari Bluewy. Rasa lanjutan susu cream membungkus bubblegum menambah sensasi creamy dengan sedikit hint mix buah berry.

Buat penggemar puding, apalagi yg suka banget sama yang namanya puding, silahkan dicoba liquid BLUEWY dari Manhattan ini. Pasti rasanya udah familiar tp ini ndak terlalu manis. Manisnya pas banget di lidah dan dingin dari low mint terasa nyess…. menjadi penutup yg sempurna. Dan yg pasti ndak bakal bikin eneg... likuid ini bener2 mendekati silky pudding yg dulu sering saya makan, bedanya ini ada sensasi dingin yg membaluti puding.

Buat daily vape sangat yes, repeat order juga yess

0 comments