Manhattan Tenesse, Sensasi Minum Jack Daniel's Dingin

Kebetulan lagi MTL an pake liquid Tenesse, ndak ada salahnya kalau nyoba review ala kadarnya based on pemakaian kurang lebih 4 hari.

Sepertinya varian liquid Manhattan yg satu ini kurang populer, atau saya aja yg kurang up to date.... mohon dimaklumi saya baru belajar MTL awal tahun ini. Liquid yang mau saya bahas disini merupakan salah satu varian Black Series dari manhattan liquid, namanya Tenesse. Liquid ini punya label LE alias Limited Edition bukan LINITED seperti mod AV yg heboh kemarin.


Kemungkinan liquid ini udah ndak diproduksi lagi dan saya lihat hanya di satu toko aja yg jual online. Saya dapet liquid ini juga udah agak lama, dulu beli di Bukalapak waktu ada diskon mau lebaran, lumayan dapet potongan 20%. Dasarnya saya memang penasaran sama produk liquid dari manhattan, semua varian mesti dicoba. Karena Limited, Tenesse ini hanya diproduksi dgn kadar nikotin 9mg jenis freebase nic dengan komposisi rasio pg:vg 50:50, ndak ada varian nic lain. 

PACKAGING
Kemasan liquid Manhattan Tenesse tanpa dus seperti varian lainnya hanya berupa botol chubby gorilla bening 60ml. Saya kurang tau apa dulu pernah diproduksi pake botol kaca 30ml, karena saya kenal Manhattan juga gara2 join di grup ini. Liquid ini kemasannya sangat sederhana bahkan kelewat simpel dengan stiker label dominan warna hitam doff, dengan tulisan TENESSE 2014 warna silver. Yang agak bikin bingung kenapa tulisan Tenesse hanya pake satu huruf 'N' dan satu huruf 'E' di belakang. Setau saya mestinya TENNESSEE yg mrpk salah satu negara bagian di Àmrik sono dgn ibukota Nashville tempat para penggemar musik country berkumpul dan tentu saja rumah si legendà hidup musik rock and roll Elvis Presley.

Ok lanjut lagi aja, di bawah Tenesse 2014 ada tulisan Black Series Craft Blend Edition. Tanpa ada deskripsi rasa yg jelas di label, atau tulisan Craft Blend udah mewakili narasi rasa liquid ini.. hanya brewernya yg tau. Seperti liquid umumnya, produk ini dilengkapi penanda besaran nikotin dan product warning serta logo khas dari Manhattan Liquid semacem silùet kota manhattan yg ada di bagian bawah.

IMPRESI PERTAMA
Kebiasaan dari dulu, begitu segel dibuka langsung mencoba mengendus aroma yg keluar dari sebuah liquid. Setelah itu berusaha memusatkan memori di dalam otak, mengingat-ingat sesuatu yg presisi dgn aroma liquid. Saat pertama Tenesse dibuka yg tercium adalah aroma wine dan coke khas minuman cocktail. Kalo disini ada yg pernah nyoba minuman Jack Daniel's jenis Tennessee Whiskey seperti itu kira2 aromanya.

Puff pertama
Rasa Coke seperti coca co*a yg pertama terdeteksi lidah ketika awal puff. Iya rasa cokenya sangat kental di awal sampe baunya kemana-mana..

Puff ke-5 dan seterusnya
Temen saya yg di sebelah sempet nanya, "Habis minum bir ya pret?" Aroma wine mulai kerasa masih disertai coke di awal puff. Rasa dingin juga mulai menyeruak di inhale, sepertinya lebih ke chiller ketimbang mint. Dinginnya cenderung pas hanya menggelitik di tenggorokan, bukan dingin freeze yg kadang suka bikin batuk. 

Dominasi wine mulai terasa pada set up MTL 1.24ohm pemakaian 15watt. Paduan yg unik antara wine, coke dan chiller... rasanya seperti minum bir dicampur sedikit es batu ketika uap masih terkumpul di mulut. Dinginnya chiller saat exhale semakin terasa dibarengi manis tipis2 yg berasal dari vg, aroma wine juga masih bisa dirasakan saat uap mulai dihembuskan keluar. Hanya coke disini yg mulai pudar seperti minuman yg tinggal sedikit porsi utamanya, tinggal dinginnya es yg terasa. Aroma coke fungsinya hanya sebagai hint saat exhale. Penikmat Jack Daniel's mungkin akan familiar dgn rasa seperti ini, seinget saya seperti itu... kalo sekarang udah ndak pernah lagi semenjak kuliah dulu. 

Wine menjadi high flavour profile di Tenesse, dengan chiller sebagai low profilenya. Coke berperan sebagai body profile karena muncul dr awal puff sampe akhir. Buat yg belum pernah dan kepengin merasakan sensasi minuman Jack Daniel's liquid ini bisa dicoba. Tanpa ada kandungan alkohol yang jelas ya, jadi 100% halal... lagian mana ada liquid dicampur alkohol, bisa ambyar komposisi bahan2nya.

Nikotin 9mg
Liquid ini hanya diproduksi dalam satu jenis kadar nikotin, jadi ndak bisa dibuat komparasi sensasi TH nya. Meskipun liquid ini kadar nikotinnya 9mg, untuk pemakaian style MTL.... TH nya sangat soft bahkan cenderung datar ndak ada gatal2nya blas.. dari awal puff sampai puluhan kali puff, saya belum merasakan adanya tendangan yg berarti di tenggorokan.

Pemakaian style vaping DL
Hanya nyoba sekali, cuma buat mengukur kemampuan nikotin di liquid ini. Saya pakai Hadaly dengan fused clapton sebagai tester penggunaan warm vape.. TH nya baru terasa saat style vaping DL tapi tetep aja ndak begitu garuk banget, masih bisa ditoleransi lah. Untuk rasa yg dihasilkan justru cenderung ngeblend, dominan chiller dan manis malah.. aroma wine dan coke yg tadinya nampak jelas terdeteksi saat style MTL terasa tipis seperti minum whiskey kebanyakan es.

COIL GUNKING
Seperti karakter varian lain Manhattan liquid, Tenesse sangat ramah koil. Pemakaian 3 hari coil masih bersih, bahkan kapas masih dominan warna putih meskipun ada sedikit noda warna coklat di beberapa bagian. Tipikal manhattan liquid yg tanpa sweetener ndak bakal bikin koil cepet berkerak, asal waktu pemakaian jgn dicampur dengan liquid lain.

DEVICE
Mod : Istick Pico 75w
Atomizer : RTA Berserker Mini
Coil : Promist wire 27ga 7lilit rapet 2.5mm
Kapas : Bacon V2
Resistensi : 1.24 ohm
Wattage : 15

PENILAIAN AKHIR
Inhale : Wine Coke hint chiller
Exhale : Wine Chiller hint coke
Throat Hit : Soft

Nilai keseluruhan 8/10

0 comments