Kenapa Malah Pilih MTL yang Kadar Nikotinnya Tinggi?

Kenapa sebagian vapers malah pindah style vaping ke MTL, secara MTL identik dengan nikotin tinggi sedang tujuan vaping kan buat berhenti ngerokok? Bukannya lebih baik vaping dgn nikotin rendah, semakin rendah akhirnya tanpa nikotin. Pertanyaan yang seringkali saya baca di forum-forum vape, sama... saya juga pernah kepikiran kesitu dulu sebelum memutuskan MTL. Pertanyaan itu wajar, karena kita belum pernah praktik MTL dgn serius. Mungkin pernah sekali dua kali nyoba MTL punya temen, akhirnya membuat kesimpulan sepihak.


Saya akan coba bahas sesuai pengalaman aja ini ya, sifatnya mungkin agak subyektif silahkan buat kesimpulan sendiri. Rokok elektrik pertama dibuat tujuan utamanya sbg terapi alternatif utk pecandu rokok tembakau. Device vape awal itu stylenya MTL semua, dengan cara hisap seperti merokok pada umumnya. Krn MTL dianggap sebagai cara yg paling presisi utk menikmati nikotin dgn sensasi spt menghisap rokok konvensional.

Makin kesini device vaping dibuat by demand, banyak device baru dgn design semakin longgar dan penggunaan power yg lebih besar, sehingga uap yg keluar lebih banyak. Vaping pada akhirnya bisa digunakan utk keperluan lain selain transfer nikotin ke tubuh, seperti ngetrik, coil builder dan kompetisi cloud chase. Sisi positifnya, ada lapangan pekerjaan baru. Negatifnya, vaping secara fungsi bergeser dari alat transfer nikotin mjd sebuah gaya hidup baru. Byk yg awalnya bukan perokok ikut menikmati vaping... saya ndak mau menghakimi disini, itu semua terserah pengguna, mau dibawa kemana aktivitas vapingnya.

Sekarang masuk pembahasan MTL, definisi MTL udah byk ndak perlu penjelasan lagi. Disini saya batasi pembahasan pd penggunaan nikotin vaping, bukan lagi antara smoking vs vaping krn udah jelas berbeda kasusnya. Sebelum pindah ke vaping, kita mesti tau dulu berapa kebutuhan nikotin tubuh diukur dari kebiasaan merokoknya. Kebutuhan nikotin tiap orang beda, itulah kenapa kita ndak bisa generalisir. Utk berhenti merokok dan pindah ke vaping, ndak bisa kadar nikotin orang lain diukur dgn parameter kebutuhan nikotin kita.

MTL disini hanya menawarkan cara transfer nikotin kadar tinggi dgn lebih nyaman tanpa rasa sakit atau iritasi di tenggorokan. Banyak contoh kasus seorang vaper yg dulunya perokok berat, meski sudah pindah ke vaping tp masih diselingi mengkonsumsi rokok konvensional. Ini bisa dimaklumi, mungkin krn kebutuhan nikotin masih kurang atau belum bisa menikmati sensasi merokok di vaping.

Buat sebagian orang termasuk saya disini yg kebutuhan akan nikotinnya tinggi, style vaping DL dianggap kurang nyaman karena menyisakan rasa sakit di tenggorokan. Penggunaan nikotin rendah justru menambah frekuensi vaping lebih sering, kalau diitung2 kadar nikotin yg masuk ke tubuh sama aja jumlahnya.

Sebagai ilustrasi, saya ambil contoh dari kebiasaan vaping saya selama ini. Pemakaian MTL utk 1 botol liquid nic 12mg 60ml biasanya sampe 3-4 minggu. Dulu wkt masih DL pakai liquid nic 3/6mg sebotol bisa hbs 5-6 hari. Ini karena intensitas vaping style MTL yg rendah, 2ml liquid di tank bisa buat seharian. MTL jarang sekali chain vape, biasanya sekali sedot berhenti dulu sekitar 30 detik sampe semenit baru sedot lagi. Kepuasan vaping saya cukup dalam satu kali puff nic 12mg = 5 kali puff nic 3mg.

Kalo pakai metode cocoklogi begini, tubuh yg butuh asupan nikotin itu sama spt bak mandi yg butuh diisi air sampe penuh, sampe akhirnya berhenti. Terserah mau diisi pake gayung 1 literan (low nic) atau pake ember 5 liter (high nic)... bisa dibayangin kan? Orang ngisi bak mandi pake ember 5 liter sekali isi, pasti istirahat krn beban yg lbh berat dan yg pasti lebih cepet penuh keisi. MTL in my opinion, biasanya lebih cepet buat berhenti total konsumsi rokok dan jg vaping (pilihan atomizer atau liquid MTL yg terbatas). Saya udah di seperempat akhir vaping, passion buat beli device vape baru udah mulai berkurang drastis... semoga ndak lama lagi bisa berhenti total.

Itu contoh kasus di saya selama vaping MTL dgn kadar nikotin tinggi, tiap orang bisa beda. Saya ndak mikir efisiensi, entah itu lbh irit atau boros, tp kenyamanan buat pengguna dan orang sekitar yg jadi pertimbangan, krn ndak semua orang mau kompromi sama uap vape. Selain itu MTL juga ndak mesti high nic, selama si pengguna merasa nyaman berapapun kadar nikotin yg dipakai, keep on going aja.

2 comments

  1. betul kak setuju intinya kadar nikotin terpenuhi., saya udah berhenti total rokok dengan vaping dtl selama 8 bulan dan akhirnya berhenti vape juga selama 4 bulan ., tp belakangan hasrat ingin merokok datang kembal, walaupun ga enak saya jalan merokok 1 sd 2 batang perhari sampe akhirnya saya putuskan memakai device mtl dengan saltnic di awal vaping dengan nic 35mg 15 ml.,terpuaskan dahaga rasanya setelah tanpa asupan nikotin berbulan bulan. sekarang asupan nikotin mulai dikurangi pelan", mudah"an tidak terlalu tinggi seperti di awal"menggunakan saltnic.

    ReplyDelete
  2. nanya om itu pakai mod apa. mohon di jawab terima kasih 🙏

    ReplyDelete