Kenapa Rasa Manis di MTL bisa Berkurang?

Sharing lagi tentang MTL, masih banyak yg masih ragu dengan MTL karena hasil yang belum tentu sesuai ekspektasi. Itu wajar, jika awalnya pengguna Direct Lung (DL) jangan berharap output yg didapat akan sama. Bagi penyuka manis akan sedikit kesulitan beradaptasi dengan style MTL, karena rasa manis sedikit berkurang.. jadi ndak semua vaper cocok dengan style vaping ini.


Untuk flavour sendiri, menurut saya akan semakin jelas terasa, secara logika reduksi rasa manis membuat flavor semakin pekat (ibarat minuman teh yg minim gula akan lebih terasa flavor tehnya, dibanding teh dgn porsi gula lbh banyak) dan juga uap hasil pemanasan yg ditahan di mulut semakin memperjelas narasi flavour sebuah liquid.

Kenapa rasa manis berkurang pada saat MTL? Saya akan jelaskan dengan analogi teh manis dengan cara minum yg berbeda. Pertama, pesen teh manis di kantin kantor dulu, nah jika udah siap utk diminum, siapkan juga satu sedotan atau 2 juga boleh, siapa tau nanti ada yg minta. Aduk sampai gulanya nyampur.

Yang kedua... sekarang coba minum teh manis itu langsung ditenggak dari gelasnya... rasa manis dari minuman itu biasanya akan langsung terasa. Karena sensor manis lidah itu adanya di bagian ujung lidah (depan) rasa manis lebih jelas (mungkin ini butuh revisi, penelitian baru Stevan Munger membuktikan bahwa seluruh bagian lidah dapat merasakan manis, hanya disini ada bagian tertentu dari lidah yg lbh sensitif thd reseptor rasa tertentu). Sekarang, minum teh manis itu pake sedotan. Kalo lidahnya normal, maksudnya kondisi ndak lagi sakit atau disfungsi lidah lainnya, rasa manis akan sedikit berkurang.

Rasa teh pun juga akan lebih terasa jika pake sedotan, logikanya begini... biasanya orang yg minum teh dgn cara ditenggak langsung dari gelas, minuman itu akan langsung masuk ke perut, rasa teh dalam minuman itu sekedar numpang lewat. Beda dengan cara minum pake sedotan, biasanya lebih lama dikumpulin di mulut baru masuk ke perut.... bener ndak?

Analogi diatas agar lebih mudah dimengerti aja, praktik MTL ndak sesedehana itu. Banyak hal yg perlu diperhatikan, pemilihan atomizer sbg media perantara sangat mendominasi output selain set up device. Selain itu, penggunaan liquid utk MTL juga mempengaruhi hasil. Pemilihan liquid MTL pernah saya di artikel Liquid untuk style MTL.

Jika emang sudah memutuskan utk MTL, dikondiskan dulu tipe MTL yg seperti apa? Kalau pengin mencoba sensasi mirip (mirip bukan berarti sama) ngerokok, pilih atty yg bisa mengakomodasi tight draw. Pilihannya terbatas, antara closed pod system atau atty seperti berserker mini, kayfun lite, russian 91%, dwarv (hanya ini setau saya). Jika pengin loose MTL (dengan saluran udara yg lbh longgar), style ini masih aplikable untuk direct lung dengan tarikan restricted, pilihan attynya lebih banyak, siren 2, ares, pico v1 atau 2, squape, kayfun prime, kayfun 5, savour, merlin mini MTL... dll

Itu aja dulu, selamat mencoba..
Mohon dikoreksi kalo ada yg salah..

0 comments